Pengikut

Jumat, 09 Maret 2012

Tips Seminar/Sidang Tugas Akhir (Part 1)

from Fitri Susanti

courtesy of google



Mhs : “Dosen penguji nya siapa ?? Oooh si Bapak X, Ibu Y ??? “Ngebantai” gak ya pas nguji ???

*sejak kapan dosen alih profesi jadi tukang jagal ??? * :)
Sebenarnya tidak perlu khawatir yang berlebihan jika harus mempresentasikan apa yang akan dilakukan atau apa yang telah dilakukan didepan dosen penguji.
Prinsip sederhananya : semakin baik persiapan, maka akan semakin siap juga saat mempresentasikannya. Sesuai nama, penguji hanya bertugas menguji. Pertanyaan2 yg diberikan untuk memastikan, menilai apakah yang dilakukan oleh mhs sudah tepat, setengah tepat atau belum tepat sama sekali.
Sikap tubuh saat presentasi, intonasi bicara, slide yang ditampilkan, cara presentasi, cara menjawab pertanyaan, semuanya bisa menunjukkan tingkat kesiapan mhs.

Suara
Bicara dg intonasi yang jelas, dengan kadar “volume” suara yang tepat. Atur sehingga semua orang diruangan itu bisa mendengar dengan jelas. Dan jangan jadi “menciut “kalau tiba2 suara penguji nya jadi lebih keras. Tetap tenang aja, dan jangan terpancing jadi lebih tinggi lag :D
Slide Presentasi
Persiapkan slide presentasi dengan baik. Ingat,kalau slide nya pake power point, sesuaikan dg nama nya, jangan berubah jadi power paragraph yang setiap slide menampilkan teks tulisan yang banyak. Dijamin, yang denger tidak terlalu tertarik untuk memperhatikannya. Buat  point2 singkat dan selebihnya, sampaikan dalam bentuk penjelasan.
-untuk cara presentasi dan cara menjawab pertanyaan, akan dilanjutkan pada postingan selanjutnya  -  :) .

karena gak enak kalau postingan terlalu kepanjangan :)

kalau bermamfaat di share ya, 1 lagi.. di komen dong.. tinggalin jejak di blog ini :)
makasih

8 komentar:

  1. wahh,,bener2..tipsnya sangat membantu
    semoga bisa lulus dengan baik
    *berdoa buat diri sendiri*
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. doakan kita jg la...
      ammmiinnnn

      folback jg blognya ya.. hehe

      Hapus
  2. nanya dong bang ben...slide-nya bisa pake prezi g ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kan kreativitas sendiri. masalahnya aku jg pake prezi.. enak aja bisa zoom zoom gtu.. :D

      Hapus
    2. hihihi...ternyata qt sama bang...toss

      Hapus
    3. Selamat berjuang ya :D *shakehand*

      Hapus
  3. ini yang dicariii, n1 info b.d

    BalasHapus